Kamis, 12 September 2013

Skala Pengukuran

Skala Likert
Suatu skala psikometrik yang umum digunakan untuk kuesioner,Nama skala ini diambil dari nama Rensis Likert, yang menerbitkan suatu laporan yang menjelaskan penggunaannya.Sewaktu menanggapi pertanyaan dalam skala Likert, responden menentukan tingkat persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia. Biasanya disediakan lima pilihan yaitu :
 
   1. Sangat tidak setuju
   2. Tidak setuju
   3. Netral
   4. Setuju
   5. Sangat setuju

Pengisi kuesioner harus memutuskan apakah memasukkan titik tengah atau tidak sesuai dengan pernyataan  yang diberikan kepada responden.selain itu, dengan lima skala seperti contoh di atas, kadang digunakan juga skala dengan tujuh atau sembilan tingkat.Skala Likert adalah  merupakan metode skala bipolar yang mengukur baik tanggapan positif ataupun negatif terhadap suatu pernyataan. Empat skala pilihan juga kadang digunakan untuk kuesioner skala Likert yang memaksa orang memilih salah satu kutub karena pilihan "netral" tak tersedia.









Skala guttman 
adalah skala kumulatif.yaitu jika seseorang menyisakan pertanyaan yang berbobot lebih berat, ia akan meng'iyakan pertanyaan yang kurang berbobot lainnya. Skala Guttman mengukur suatu dimensi saja dari suatu variable yang multidimensi. Skala guttman disebut juga scalogram yang sangat baik untuk menyakinkan peneliti tentang kesatuan dimensi dan sikap atau sifat yang diteliti, yang sering disebut dengan atribut universal. Pada skala Guttman terdapat beberapa pertanyaan yang diurutkan secara hirarki untuk melihat sikap tertentu. Jika sesorang menyatakan tidak pada pernyataan sikap tertentu dari sederetan pernyataan itu, ia akan menyatakan lebih dari tidak terhadap pernyataan berikutnya. Jadi, skala guttman ialah skala yang digunakan untuk jawaban yang bersifat jelas dan konsisten.Data yang diperoleh dapat berupa data interval atau ratio dikhotomi (dua alternative yang berbeda).
 
 
 
Skala Diferensial Semantik
Skala untuk mengukur sikap, tetapi bentuknya bukan pilihan ganda maupun checklist, tetapi tersusun dalam satu garis berkesambungan di mana jawaban yang sangat positif terletak dibagian kanan garis, dan jawaban yang sangat negatif terletak dibagian kiri garis, atau sebaliknya.Data yang diperoleh melalui pengukuran dengan skala ini adalah data interval. Skala bentuk ini biasanya digunakan untuk mengukur sikap atau karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang.

 
 
 
 
Skala Rating 
Skala ini tidak saja untuk mengukur sikap tetapi dapat juga digunakan untuk mengukur persepsi responden terhadap fenomena lingkungan, seperti skala untuk mengukur status sosial, ekonomi, pengetahuan, kemampuan, dan lain-lain. Dalam skala ini, yang paling penting adalah kemampuan menterjemahkan alternatif jawaban yang dipilih responden. Misalnya responden memilih jawaban angka 7, tetapi angka 7 oleh orang tertentu belum tentu sama dengan angka 7 bagi orang lain yang juga memiliki jawaban angka tersebut.

No.
Program
Kurang penting





Sangat penting
1
2
3
4
5
6
7
1
Sanitasi







2
Turbin listrik mikro hidro







3
Jalan/tras







4
Sekolah







5
Puskermas







 
 
Skala Thurstone
Skala ini disusun dengan memilih butir yang berbentuk skala interval.setiap butirnya memiliki kunci skor
dan jika diurutkan maka menghasilkan jarak nilai yang sama.skala ini dibuat dalam bentuk sejumlah 40 sampai 50 pernyataan yang relevan dengan variabel yang bisa diukur kemudian sejumlah orang dapat menilai relevansi pernyataan tersebut dengan konten yang sedang diukur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar