Selasa, 10 September 2013

STATISTIK

CLARISA GRISELDA
8335123561
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PENDAHULUAN


I.            Pengertian Dasar Statistika dan Statistik        

Statistika adalah suatu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan data statistik dan fakta yang benar atau suatu kajian ilmu pengetahuan dengan teknik pengumpulan data, teknik pengolahan data, eknik analisis data, penarikan kesimpulan, dan pembuatan kebijakan atau keputusan yang cukup kuat alasannya berdasarkan data dan fakta yang akurat.
Statistik dalam arti luas adalah Ilmu yang mempelajari cara ; Pengumpulan data, Pengolahan data, Analisa data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan atau Pengambilan keputusan berdasarkan hasil penelitian.
          Statistik dalam arti sempit yaitu data atau ringkasan yang berbentuk angka. Seperti statistik penduduk dan statistik  harga.
Tipe Statistik ada dua yaitu statistik deskriptif dan inferens.
Statistik deskriptif merupakan bagian dari statistik yang melakukan pengumpulan pengolahan penyederhanaan penganalisaan penginterprestasian data dalam bentuk yang informatif
Statistik inferens merupakan suatu metode statistik yang digunakan untuk menentukan suatu tentang populasi berdasarkan suatu sampel



II.         Landasar Kerja Statistik

1.     Variasi         : Didasarkan atas kenyataanbahwa seorang peneliti atau penyelidik selalu menghadapi persoalan dan gejala yang bermacam-macam.
2.    Reduksi        : Hanya sebagian dan seluruh kejadian yang hendak diteliti.
3.     Generalisasi          : Kesimpulan dan penelitian ini akan diperuntukan bagi keseluruhan kejadian atau gejala yang hendak diteliti.

III.      Katarestik Pokok Statistik

·          Statistik Bekerja dengan Angka yang memiliki dua pengertian, yaitu:
1.     Angka statistik sebagai nilai atau harga. Data statistik adalah kuantitatif.
2.    Angka statistik sebagai nilai memppunyai arti data kualitatif yang diwujudkan dalam angka.
·         Statistik Bersifat Objectif
Angka Statistik dapat digunakan sebagai alat pencari fakta, pengungkap kenyataan yang ada dan memberikan keterangan yang benar, kemudian menentukan kebijakan sesuai fakta dan temuannya diungkapkan apa adanya.
·         Statistik Bersifat Universal
Dapat digunakan secara umum dalam berbagai bentuk disiplin ilmu pengetahuan.


IV      Manfaat dan Kegunaan Statistika

o   Komunikasi.  Sebagai penghubung beberapa pihak yang mengahsilkan data statistik atau berupa analisis statistik sehingga beberapa pihak tersebut akan dapat mengambil keputusan melalui informasi tersebut.
o   Deskripsi.    Penyajian data dan mengilustrasikan data.
o   Regresi.       Meramalkan pengaruh data untuk mengantisipasi gejala gejala yang akan datang.
o   Korelasi.      Mencari kuatnya atau besarnya hubungan data.
o   Komparasi.   Membandingkan data dua kelompok atau lebih.
o   Sebagai alat untuk mengendalikan kualitas dari barang” dan jasa” yang dihasilkan oleh suatu badan/lembaga/badan tertentu
o   Sebagai alat untuk mengetes apakah barang/jasa yang dihasilkan sesuai dengan yang direncanakan
o   Sebagai alat bagi seorang pemimpin untuk membuat keputusan.

V        Sumber Data
Data interenadalah data yang bersumberdarisuatuinstansiataulembagapemilik data dan data eksterenyaitu data yang diperolehdariluarlembagaatauinstansitersebut.
Data eksterendibagimenjadiduajenisyaitu data primer dan data sekunder.
- Data primer adalah data yang langsungdikumpulkanoleh orang yang berkepentingandengan data tersebut.
- Data sekunderadalah data yang tidaksecaralangsungdikumpulkanoleh orang yang berkepentingandengan data tersebut. Data itubiasanyadiperolehdarilaporan-laporanpeneliti yang terdahulu.








SKALAPENGUKURAN DATA


Berdasarkan jenis skala pengukuran datanya, data kuantitatif dikelompokkan ke dalam empat jenis yang memiliki sifat berbeda. Sedangkan definisi dari skala pengukuran merupakan prosedur pemberian angka pada suatu objek agar dapat menyatakan karakteristik dari objek tersebut.

     1.    Skala Nominal
Skala yang diberikan pada suatu objek yang tidak menggambarkan kedudukan objek atau kategori tersebut terhadap objek atau kategori lainnya, tetapi hanya sekedar label atau kode saja.
ciri-ciri dari skala nominal :
a.    Kategori datanya bersifat saling lepas (satu objek hanya masuk pada satu kelompok saja)
b.    Kategori datanya tidak disusun secara logis



 2.    Skala Ordinal
Data yang disusun secara berjenjang mulai dari tingkat terendah sampai ke tingkat tertinggi atau sebaliknya dengan jarak yang tidak harus sama. Data ini setiap jenjangnya  memiliki sifat yang berbeda.

     3.    Skala Interval
Skala yang objeknya dapat diurutkan berdasarkan suatu atribut tertentu, dimana jarak/interval antara tiap objek sama. Pada skala ini yang dijumlahkan bukanlah kuantitas atau besaran tetapi interval dan tidak terdapat nilai nol.

     4.    Skala Rasio
Skala yang memiliki sifat-sifat skala nominal, skala nominal dan skala interval dilengkapi dengan titik nol absolute dengan makna empiris. Karena terdapat angka nol maka pada skala ini dapat dibuat perkalian atau pembagian. Sifat yang membedakan data skala rasio dengan nominal.

DAFTAR PUSTAKA
Dr. Sunarto, H, Dr. Riduwan, Pengantar Statistika
http://wahyukurnianto.wordpress.com/category/statistik-ekonomi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar